Tugas Pengantar Bisnis : Indomaret
A. Gambaran Perusahaan
Berawal
dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari
karyawan, maka pada tahun 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama
Indomaret. Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk
lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam
berbelanja. Guna mengakomodasi tujuan tersebut, beberapa orang karyawan
ditugaskan untuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat. Kesimpulan
yang didapat adalah bahwa masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern
berdasarkan alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang
pasti dan bersaing, serta suasana yang nyaman.
Berbekal
pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen, keterampilan pengoperasian toko dan
pergeseran perilaku belanja masyarakat ke gerai modern, maka terbit keinginan
luhur untuk mengabdi lebih jauh bagi nusa dan bangsa. Niat ini diwujudkan
dengan mendirikan Indomaret, dengan badan hukum PT. Indomarco Prismatama yang
memiliki visi “menjadi jaringan ritel yang unggul” serta moto “mudah dan
hemat”.
Pada
mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di
dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan
sehari-hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk, serta memiliki
luas toko sekitar 200 m2.
Seiring
dengan perjalanan Setelah menguasai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan
jaringan ritel dalam skala besar, Manajemen berkomitmen untuk menjadikan
Indomaret sebagai sebuah aset nasional. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan
bahwa seluruh pemikiran dan pengoperasian Perusahaan ditangani sepenuhnya oleh
putra putri Indonesia. Sebagai aset nasional, Indomaret ingin berbagi kepada masyarakat
Indonesia melalui bisnis waralaba dan juga mampu bersaing dalam persaingan
global. Oleh karena itu, visi perusahaan kemudian berkembang “menjadi aset
nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan
global”.
Konsep
bisnis waralaba Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelopor di bidang
minimarket di Indonesia. Sambutan masyarakat ternyata sangat positif, terbukti
dengan peningkatan jumlah Terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu. Konsep
bisnis waralaba Perusahaan juga diakui oleh pemerintah melalui penghargaan yang
diberikan kepada Indomaret selaku “Perusahaan Waralaba Unggul 2003”.
Penghargaan semacam ini adalah yang pertama kali diberikan kepada perusahaan
minimarket di Indonesia dan sampai saat ini hanya Indomaret yang menerimanya.
Saat
ini Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari
7.719 di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatra dan Sulawesi, terdiri dari 40%
gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik Perusahaan. Sebagian besar pasokan
barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 17 pusat distribusi Indomaret
yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk.
Kini,
keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir, anak
perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.waktu dan kebutuhan pasar,
Indomaret terus menambah gerai di berbagai kawasan perumahan, perkantoran,
niaga, wisata dan apartemen. Dalam hal ini terjadilah proses pembelajaran untuk
pengoperasian suatu jaringan retail yang berskala besar, lengkap dengan
berbagai pengalaman yang kompleks dan bervariasi.
Setelah
menguasai pengetahuan dan keterampilan mengoperasikan jaringan ritel dalam
skala besar, Manajemen berkomitmen untuk menjadikan Indomaret sebagai sebuah
aset nasional. Hal ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa seluruh pemikiran
dan pengoperasian Perusahaan ditangani sepenuhnya oleh putra putri Indonesia.
Sebagai aset nasional, Indomaret ingin berbagi kepada masyarakat Indonesia
melalui bisnis waralaba dan juga mampu bersaing dalam persaingan global. Oleh
karena itu, visi perusahaan kemudian berkembang “menjadi aset nasional dalam
bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global”.
Konsep
bisnis waralaba Indomaret adalah yang pertama dan merupakan pelopor di bidang
minimarket di Indonesia. Sambutan masyarakat ternyata sangat positif, terbukti
dengan peningkatan jumlah Terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu. Konsep
bisnis waralaba Perusahaan juga diakui oleh pemerintah melalui penghargaan yang
diberikan kepada Indomaret selaku “Perusahaan Waralaba Unggul 2003”.
Penghargaan semacam ini adalah yang pertama kali diberikan kepada perusahaan
minimarket di Indonesia dan sampai saat ini hanya Indomaret yang menerimanya.
Saat
ini Indomaret berkembang sangat pesat dengan jumlah gerai mencapai lebih dari
7.719 di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatra dan Sulawesi, terdiri dari 40%
gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik Perusahaan. Sebagian besar pasokan
barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 17 pusat distribusi Indomaret
yang menyediakan lebih dari 4.800 jenis produk.
Kini,
keberadaan Indomaret makin diperkuat dengan kehadiran Indogrosir, anak
perusahaan dengan konsep bisnis Pusat Perkulakan.
B. Pemilihan Lokasi Usaha
1. Kepadatan Penduduk
Kepadatan
penduduk menjadi salah satu tolok ukur besarnya potensi usaha yang akan dibangun,
karena mereka itulah nantinya yang akan membeli produk atau memakai jasa yang disediakan.
2. Pendapatan dan Potensi Pembeli
Setelah
mengetahui jumlah penduduk, juga harus mengukur penghasilan mereka. Mereka
sebagai target pasar harus memiliki daya beli yang cukup untuk membeli produk tersebut,
karena akan sia-sia jika lingkungan sekitar tidak tertarik dengan produk yang
dijual hanya karena mereka tidak mampu membeli produk atau jasa yang disediakan.
Potensi
pembeli merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam bisnis ritel, oleh
sebab itu sebagai perusahaan penyedia kebutuhan pokok masyarakat indomaret
melakukan survey potensi pembeli sebelum membuka sebuah gerai baru.
3. Kepadatan
Lalu Lintas
Pembeli
potensial tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar. Pembeli tambahan
biasanya datang dari orang yang lalu lalang di depan lokasi usaha tersebut. Itu
sebabnya sebagian besar lokasi untuk pendirian usaha Indomaret berada di
pinggir jalan dengan kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi.
Sumber :
a.
http://indomaret.co.id/profil-perusahaan/
b.
http://aryapersada.com/5-faktor-memilih-lokasi-usaha.html
Komentar