Tugas Bisnis : Membuat Business Plan
Berikut merupakan tugas e-Business membuat businee plan membuat toko yang membuat toko online .. loh..
Gak sah panjang lebar silakan baca , copas, atau download linknya paling bawah :
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Usaha
Internet
sudah bukan merupakan suatu istilah asing di saat sekarang, bahkan untuk
generasi tua sekalipun. Hampir semua even dan promosi iklan dilakukan melalui
media internet. Segala hal mulai dari sekedar chatting, grup forum, berita dan
gosip, bahkan transaksi jual beli bisa dilakukan melalui internet.
Online Shopping (Berbelanja secara Online) merupakan
salah satu kemudahan dalam gaya hidup masyarakat modern yang bisa dicapai
melalui internet. Online Shopping menjadi salah satu bukti berkembangnya
teknologi jaringan komunikasi khususnya internet di Indonesia sejak beberapa
tahun terakhir ini. Promosi yang gencar dari berbagai Online Shop (Toko Online)
yang menawarkan banyak sekali jenis
barang untuk diperjualbelikan. Barang-barang tersebut berupa buku dan majalah,
CD dan DVD, baju dan kosmetik, gadget, dan lainnya.
Salah satu situs toko online yang paling
dikenal berupa e-bay, Amazone, YesAsia, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri,
situs-situs toko online yang terkenal berupa forum Kaskus, TokoBagus, Berniaga,
Bhinneka, GlodokShop, Bursa Baju dan lainnya. Online shopping sangat memberikan
kemudahan dalam berbelanja, mulai dari pilihan barang yang unik dan langka,
jenis barang yang sangat banyak, hingga sampai jangkauan harga yang cukup luas.
Selain itu, kemudahan yang paling utama adalah jarak tempuh dan waktu yang
diperlukan.
Melihat maraknya online shopping yang
sekarang makin menjamur di Indonesia, perlu diperhatikan juga bahwa tidaklah
mudah bagi suatu merchant untuk memperdagangkan produknya melalui toko online.
Disamping tetap memperhatikan hal-hal dasar sebagaimana toko offline seperti
kualitas produk, layanan pra dan purna jual, tampilan toko, marketing dan lain
sebagainya, dibutuhkan juga trik-trik khusus agar toko online mampu menarik
banyak pelanggan untuk melakukan transaksi.
Hal ini tentu akan sukar dipahami bagi pemula manakala
dia memiliki produk yang cukup bagus untuk dipasarkan tetapi sedikit paham
mengenai online shopping atau bahkan awam dalam hal transaksi online.
Kami bermaksud memberikan kemudahan bagi para
pemilik produk maupun para pedagang yang belum memiliki toko online agar dapat
memiliki dan mengolah toko online secara mudah dan cepat. Melalui paket-paket
yang kami tawarkan akan mempermudah bahkan bagi pemula sekalipun dalam hal
transaksi secara online untuk memiliki toko online.
Ada 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan
menggunakan jasa kami :
a. Memiliki toko online
secara cepat sesuai keinginan pemesan.
b. Mengetahui
sistem kerja toko online.
c. Mengetahui trik
yang dapat membantu pemasaran produk melalui online shopping.
d. Layanan purna
jual tidak terbatas, meliputi solusi atas permasalahan terhadap toko online
pemesan.
e. Biaya yang
sangat terjangkau atas empat keuntungan di atas.
2. Visi dan Misi
a. Visi
Menjadi Perusahaan Penyedia Jasa Pembuatan Toko Online yang
dipercaya di Indonesia.
b. Misi
1) Memberikan
kemudahan bagi pelanggan dalam memasarkan produknya secara online.
2) Membuat toko online yang unik dan menarik
sesuai pesanan.
3)
Memberikan pengetahuan sistem kerja toko online terhadap
pemula.
4)
Menawarkan produk dengan harga yang kompetitif.
B. ASPEK PEMASARAN
1. Gambaran Umum Pasar
a. Segmen Pasar
1) Industri
Kerajinan
2) Toko
dengan produk unik
3) Badan
Usaha Pemerintah / Swasta
b. Target
1) Toko
Batik dan Kerajinan
2) Badan
Usaha Pemerintah / Swasta
c. Positioning
Kami akan melakukan pemasaran secara langsung dan personal
terutama untuk usaha-usaha lokal berpotensi yang belum memasarkan produknya
secara online.
2. Permintaan
Berikut merupakan perkiraan
permintaan dalam 3 tahun ke depan. Perkiraan permintaan konsumen dalam beberapa
periode atau tahun mendatang seperti kenaikan x % pertahun sesuai perkembangan
ekonomi dan iklim usaha.
Tahun
|
Perkiran Permintaan (dalam
paket)
|
2013
|
45
|
2014
|
55
|
2015
|
60
|
3. Penawaran
a. Penawaran dari
produk pesaing sejenis di pasaran :
Nama Perusahaan Pesaing
|
Kapasitas Produksi / Tahun
(Dalam Paket)
|
CV. A
|
60
|
CV. B
|
90
|
CV C
|
70
|
b. Proyeksi
Penawaran dalam beberapa 3 tahun mendatang. Proyeksi penawaran disesuaikan
dengan permintaan seperti kenaikan x% pertahun sesuai pertumbuhan ekonomi dan
iklim usaha.
Tahun
|
Perkiran Penawaran (dalam
paket)
|
2013
|
20
|
2014
|
30
|
2015
|
40
|
4. Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C=A-B)
|
Rencana Penjualan
(D)
|
Pangsa Pasar
(E=Dx100%/C)
|
2013
|
45
|
20
|
25
|
20
|
80.00 %
|
2014
|
55
|
30
|
25
|
20
|
80.00 %
|
2015
|
60
|
40
|
20
|
20
|
100.00 %
|
5. Strategi Pemasaran dan Perusahaan dan Pesaing
a. Product
1) Unik dan
memiliki beberapa pilihan
2) Mengutamakan
keinginan pelanggan
3) Support
produk tanpa batasan waktu bisa melalui online, telepon maupun datang langsung
4) Memberikan
startegi pemasaran dan pelatihan khusus bagi pemula maupun awam sesuai
permintaan dan secara personal
b. Price
Harga cukup kompetitif dan terjangkau dengan
fitur-fitur yang diuraikan di atas.
c. Promotion
Pengenalan produk secara umum dilakukan dengan
media online melalui situs jejaring sosial (facebook, twitter,dll) maupun forum
online dengan member banyak (kaskus, tokobagus, dll). Namun pemasaran
diutamakan kepada usaha lokal yang potensial dengan pendekatan personal dan
secara langsung kepada pemilik usaha yang bersangkutan.
d. Placement
Sebagaimana kelebihan dari produk yang kami
pasarkan adalah secara langsung kepada calon konsumen terutama usaha lokal
sehingga mempermudah layanan secara personal.
e. People
Kami memiliki Personil yang cukup kompeten dan
berpengalaman dalam menghasilkan produk toko online dengan layanan purna jual
yang terus menerus sesuai dengan keinginan calon konsumen.
f. Process
Proses produksi dilakukan sesuai dengan paket yang
calon konsumen pilih maupun bersifat customizing sesuai dengan kehendak calon
konsumen sehingga menghasilkan produk yang unik yang tidak dimiliki produk
lain.
g. Physical
Evidence
Sebagaimana keinginan calon konsumen, tampilan toko
online yang dihasilkan akan bersifat unik dan dengan dibantu kreatifitas SDM
yang kami miliki akan menghasilkan produk toko online yang nantinya dapat
membuat pelanggan toko online tidak bosan karena tampilan toko online yang
menarik. Disamping contoh produk yang kami tampilkan dalam bentuk gambar
cetakan maupun langsung ditampilkan secara online, kami juga akan mengemasnya dalam bentuk CD.
C. ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. Aspek Organisasi
a. Nama Perusahaan
/ Usaha : Lazy Onliner
b. Nama Pemilik /
Pimpinan : Apit Setiawan
c. Alamat : Jl. KHM.Mansyur Gg. 5A Bendan Pekalongan
Kode Pos 51112
c. Bentuk Badan
Hukum : CV
d. Struktur
Organisasi :
e.
Jabatan, Jumlah Staf, Uraian Tugas dan Penggajian
Jabatan
|
Uraian
Tugas(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji
/ Bulan (C)
|
Total
(BxC)
|
1. Leader /
Marketing
|
Mengkoordinasikan semua kegiatan di CV dan Marketing
|
1 Org
|
600.000
|
600.000
|
2. Web Programming
/ Tutor
|
Membuat Web Toko Online dan Pengajar
|
1 Org
|
600.000
|
600.000
|
Total
Gaji / Bulan
|
1.200.000
|
2. Perizinan
Agar
memenuhi aspek legal terhadap usaha yang dijalankan, jenis usaha yang kami buat
adalah dalam bentuk CV mengingat modal usaha yang tidak begitu besar (< Rp
50 Juta). Adapun biaya perizinan yang dibutuhkan adalah (Sumber BP2T Kota
Pekalongan) :
a. Akta Notaris : 500.000
b. Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) : 100.000
c. NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar : 0
d. Pengesahan Akta Notaris (PN) : 0
c. Membuat SIUP dan TDP (BP2T) : 0
d. Lain-lain : 400.000 +
Jumlah : 1.000.000
3. Kegiatan Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
KEGIATAN
|
JADWAL PELAKSANAAN
( Dalam Mingguan )
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Survey Pasar
|
||||
2. Menyusun Rencana
Usaha
|
||||
3. Perijinan
|
||||
4. Survai tempat usaha
|
||||
5. Survai Mesin /
Peralatan
|
||||
6. Pemasangan Sarana
Penunjang
|
||||
7. Mencari tempat
kerja
|
||||
8. Uji Coba Produksi
|
||||
9. Operasional
|
4. Inventaris Kantor dan Supply Kantor
Inventaris / Perangkat
Kerja
|
Merk / Type
|
Jumlah unit
|
Harga
|
Jumlah harga
|
1. Laptop
|
Asus X43A
|
2
|
3.000.000
|
6.000.000
|
2. Printer
|
Epson T13
|
1
|
800.000
|
800.000
|
3. Modem
|
Smartfren
|
2
|
400.000
|
800.000
|
4. Meja + Kursi
|
Lufo
|
1 set
|
500.000
|
500.000
|
Jumlah
|
8.100.000
|
Inventaris kantor untuk barang yang umur produknya lebih dari 1 tahun.
Supply Kantor merupakan biaya untuk menunjang kegiatan
administrasi dengan umur ekonomis satu tahun atau kurang
Jenis Biaya Supply Kantor
|
Total Biaya Per Bulan
|
Total Biaya Per Tahun
|
Biaya Perlengkapan
Kantor ( ATK )
|
150.000
|
1.800.000
|
Total Suppy Kantor
|
150.000
|
1.800.000
|
D. ASPEK PRODUKSI
1. Produk
a. Dimensi Produk
Produk yang akan kami pasarkan adalah website toko
online siap pakai. Toko online adalah toko virtual di internet yang menampilkan
berbagai macam produk untuk ditawarkan kepada calon pembeli yang mengunjungi
toko online tersebut melalui internet.
Produk toko online yang kami tawarkan terdiri atas
paket dan layanan.
1) Paket
disini berupa fitur yang ada di toko online yang kami tawarkan :
a) Paket
Silver : Cocok digunakan untuk pemula atau yang ingin mencoba toko online untuk
pertama kali.
Fitur yang ada :
- Bebas
nama domain, server ID maupun USA
- Disk
Space 50 MB
- 4
GB transfer data
- Subdomain
dan email account hingga 10
- Template
memilih salah satu diantara 100 template yang kami tawarkan tanpa kustomisasi.
- Gratis
tiket konsultasi 10 kupon dalam setahun pertama.
- Harga
mulai dari Rp 700.000 untuk tahun pertama, setahun selanjutnya adalah Rp 300.000 atau ada perubahan lebih lanjut.
b) Paket
Gold : Cocok digunakan merchant dengan produk medium. Fitur yang ada :
- Bebas
nama domain, server ID maupun USA
- Disk
Space 200 MB
- 6
GB transfer data
- Subdomain
dan email account hingga 10
- Template
memilih salah satu diantara 100 template yang kami tawarkan dengan kustomisasi
hingga 50%
- Gratis
tiket konsultasi 30 kupon dalam setahun pertama.
- Harga
mulai dari Rp 2.000.000 untuk tahun pertama, setahun selanjutnya adalah Rp 600.000 atau ada perubahan lebih lanjut.
c) Paket
Paltinum : Untuk merchant atau instansi besar dengan fitur full customized.
Fitur yang ada : full customized dengan harga disesuaikan.
Semua paket diatas merupakan website dengan
desain template kustomisasi sendiri dan bukan template default yang gratis
seperti magento, opencart, prestashop atau template lainnya. Sehingga desain
yang kami tampilkan memiliki keunikan tersendiri dengan fitur standar yang
lengkap seperti :
- Dinamis,
Unlimited Pages
- Content
Management System
- Optimasi
SEO Google
- Header
JQuery Slideshow
- Gallery's
Image Popup
- Facebook
Like and Yahoo Messenger
- Ada
buku panduan dan tutorial CD.
2) Layanan merupakan
produk yang kami tawarkan terpisah dari paket yang kami jual :
a) Layanan
Beginner :
Berupa pelatihan bagi user awam yang
tidak tahu sama sekali mengenai transaksi online atau bahkan bagi yang belum
mengenal internet sama sekali. Terdiri atas pelatihan mengenai pengenalan
internet, transaksi online hingga pengelolaan website toko online serta
startegi bisnis online dan marketing toko online. Kami menyediakan pengajar
yang sangat berkompeten dan peserta akan memperoleh ruang pelatihan yang nyaman
dengan sejumlah akomodasi penuh selama pelatihan, materi dalam bentuk softcopy
dan hardcopy. Pelatihan dilakukan selama 5 jam per hari. Biaya per hari mulai
dari Rp 500.000 dengan maksimal peserta 5 orang dan maksimal 3 hari pelatihan.
Meskipun ditujukan utamanya untuk
pemula namun pelatihan ini bisa diikuti oleh peserta mahir yang ingin menambah
pengetahuannya mengenai toko online.
b) Layanan
konsultasi : adalah layanan purna jual pembelian paket dengan sistem tiket /
kupon , harga tiket / kupon Rp 50.000 persatuan.
b. Manfaat Produk
1) Manfaat Inti
Konsumen memiliki website toko online untuk memasarkan
produknya di internet.
2) Manfaat
Dasar
Konsumen memiliki pengetahuan dan cara kerja
transaksi bisnis secara online.
3) Manfaat
yang diharapkan
Merchant yang menggunakan jasa kami tidak
hanya mampu memasarkan produknya di internet, tetapi mampu meningkatkan
penjualan produknya melalui website toko online dari produk kami.
4) Manfaat
Potensial
Pengguna jasa kami diharapkan mampu bersaing
dengan merchant lain dan tetap eksis dalam penjualan produknya di dunia maya.
c. Fungsi Produk
Produk yang kami tawarkan adalah website toko
online untuk menunjang pemasaran suatu produk di internet sehingga diharapkan
dapat meningkatkan penjualan dan melipatgandakan keuntungan dari pada pemasaran
secara konvensional.
d. Keunggulan Produk
Paket produk dan layanan yang kami tawarkan
sangatlah mudah untuk diterapkan oleh pengguna yang awam sekalipun. Website
toko online yang kami tawarkan memiliki keunikan dan tampilan yang sangat
menarik dengan harga paket yang sangat kompetitif dan layanan oleh personil
kami yang kompeten akan membuat pengguna layanan kami mampu menjalankan
penjualan produknya secara online.
Sehingga dengan nilai investasi yang sangat
terjangkau akan mampu meningkatkan keuntungan penjualan produk merchant yang menggunakan
produk kami.
2. Proses Produksi
Proses produksi terbagi dalam 2 jenis sesuai dengan
produk yang kami hasilkan yaitu :
a. Produk Paket
Terbagi menjadi 2 macam :
1) Paket
Default yaitu paket toko online yang sudah kami siapkan sebelumnya, yaitu suatu
template toko online yang kami buat sesuai dengan kreatifitas dan ide kami.
Kami akan buat sebaik mungkin dan seunik mungkin sehingga tampak berbeda dengan
tema toko online yang sudah ada. Paket default ini sebelumnya kami buat dalam
jumlah banyak sehingga memberikan pilihan yang variatif bagi calon pembeli /
pemakai toko online yang kami buat.
2) Paket
Kustomisasi yaitu paket toko online yang kami buat atas kehendak calon pembeli.
Tentunya sudah terdapat fitur-fitur standar sebagaimana paket default dan sudah
kami siapkan fitur-fitur tambahan yang kami perkirakan calon pembeli inginkan.
b Produk Layanan
a) Produk
Pelatihan merupakan merupakan produk yang ditujukan bagi calon pengguna toko
online pemula yang ingin mengetahui cara kerja toko online. Produk ini
diutamakan bagi calon pelanggan yang berlokasi berdekatan dengan lokasi kami.
Tapi tidak menutup kemungkinan berlaku juga bagi calon pelanggan yang berlokasi
jauh, tentunya ada perhitungan biaya
akomodasi dan transportasi disesuaikan dengan jarak tempuh lokasi. Produk ini
terdiri atas modul-modul yang sudah kami buat dan kami siapkan dalam bentuk
softcopy dan hardcopy saat ada pelatihan dengan materi yang akan kami update
sesuai perkembangan dan tren online shopping.
b. Produk
Konsultasi berupa layanan tanya jawab yang kami sediakan melalui email,
cahtting atau bahkan via telepon. Kami akan menjawab setiap pertanyaan dari
pelanggan kami atas permasalahan yang dihadapi terhadap pengelolaan toko online
yang sudah dibeli dari kami.
Gambar 1. Skema Produksi
3. Kapasitas Produksi
Tahun
|
Rencana produksi (dalam paket)
|
2013
|
100
|
2014
|
100
|
2015
|
100
|
4. Tanah dan Bangunan
Karena
tidak membutuhkan ruang khusus yang begitu besar, aspek ini bisa ditiadakan.
Penggunaan ruangan rumah yang kosong milik sendiri dapat menjadi pilihan yang
murah, karena ruangan hanya untuk 2 orang.
5. Pemasangan Sarana Penunjang
Sarana
penunjang seperti listrik, air, telepon, internet dan lain sebagainya bisa dipenuhi
sebagaimana poin 4 di atas. Hal ini karena listrik tidak membutuhkan daya yang
besar karena listrik yang digunakan hanya untuk 2 laptop dan 1 printer dengan
penerangan secukupnya sehingga bisa diatasi dengan instalasi listrik yang sudah
ada. Air tidak begitu dibutuhkan cukup banyak, begitu juga dengan telepon
karena bisa diganti dengan telepon seluler. Untuk internet bisa dipenuhi dengan
penggunaan modem portabel sehingga tidak perlu pemasangan koneksi fixed
internet.
6. Hardware dan Software
Software
yang digunakan adalah yang berlisensi open source sehingga tidak dibutuhkan
biaya untuk membeli software yang dibutuhkan. Hardware yang dibutuhkan adalah 2
laptop, 1 printer dan 2 modem.
7. Tenaga Produksi
Tenaga
produksi untuk sementara adalah 1 orang web programmer yang sekaligus sebagai
pengajar. Penambahan tenaga produksi dimungkinkan jika permintaan tinggi.
8. Bahan Baku
Bahan
baku yang dibutuhkan dalam proses pembuatan toko online adalah pembelian domain
dan hosting sesuai paket yang dipilh konsumen. Sebagai contoh bahan baku untuk
paket silver adalah Rp 300.000 dan paket gold adalah Rp 600.000 untuk setiap
tahun dengan fitur-fitur berupa space dan kuota bandwith berbeda-beda. Bahan
baku tersebut sudah dibayar oleh pembeli paket karena sudah termasuk dalam
nilai transaksi paket yang dipilih.
Sedangkan biaya bahan baku pelatihan sebesar Rp 500.000
perhari untuk maksimal 5 orang adalah Rp 300.000 yang merupakan sewa ruangan
dan kelengkapannya, konsumsi serta modul untuk peserta.
E. ASPEK KEUANGAN
1. Strategi Sumber Pendanaan Usaha
Sumber
pendanaan usaha dapat diperoleh melalui bantuan dari lembaga yang ditunjuk
pemerintah untuk menangani permodalan usaha kecil menengah. Bantuan yang berupa
pinjaman dengan tingkat suku bunga yang renah dapat diperoleh melalui perbankan
maupun sektor lain yang mendukung program pemerintah yaitu Program Pembinaan
Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK)
2. Proyeksi Keuangan
a. Sumber
Pendanaan
Uraian
|
Banyaknya
|
Jumlah
|
|
(a)
|
(b)
|
(c = a + b)
|
|
1. Modal Sendiri
|
Rp 4.550.000
|
Rp 4.550.000
|
Rp 9.100.000
|
2. Pinjaman
|
0
|
0
|
0
|
Jumlah
(1+2)
|
Rp 4.550.000
|
Rp 4.550.000
|
Rp 9.100.000
|
b. Modal Investasi
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
a. Tanah
|
0
|
0
|
0
|
b. Bangunan
|
0
|
0
|
0
|
c. Mesin/Peralatan
|
1 Paket
|
Rp. 7.600.000
|
Rp. 7.600.000
|
d. Peralatan Kantor
|
1 Paket
|
Rp. 500.000
|
Rp. 500.000
|
e. Biaya Perizinan
|
1 Paket
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
Jumlah
|
3 Paket
|
Rp. 9.100.000
|
Rp. 9.100.000
|
c. Biaya
Operasional
Uraian
|
Per
Bulan Rp
|
Per
Tahun Rp
|
Biaya Listrik
|
50.000
|
600.000
|
Biaya Internet
|
200.000
|
2.400.000
|
Transportasi
|
200.000
|
2.400.000
|
Hosting + Domain
|
+ 50.000
|
600.000
|
ATK
|
150.000
|
1.800.000
|
Gaji
|
1.200.000
|
14.400.000
|
Telepon/Pulsa
|
200.000
|
2.400.000
|
Total Biaya
Operasional
|
1.900.000
|
24.600.000
|
d. Rencana
Kebutuhan Pendanaan dalam setahun
Nilai
Kebutuhan Modal (Rp)
|
33.700.000
|
Nilai
Modal Investasi (Rp)
|
9.100.000
|
Total
Nilai Kebutuhan Modal Kerja (Rp)
|
24.600.000
|
3. Analisa Keuntungan
Berdasarkan paket dan bahan baku produksi yang
dibutuhkan, dapat diberikan contoh jika dalam setahun ditargetkan sebagaimana
rencana awal hanya 20 paket yang terjual maka dapat dihitung pendapatan pertahun
sebagai berikut :
- Pendapatan 1
Paket Gold / 1 Paket Kustomisasi : Rp 1.400.000
- Pendapatan
Pelatihan 1 Paket (3 hari @Rp 200.000) = 600.000
Maka dalam satu tahun ditargetkan pendapatan Rp 2.000.000
x 20
Target Pendapatan Pertahun (sudah dikurangi
pajak)
= Target Pendapatan Pertahun
= Rp 2.000.000 x 20
= Rp 40.000.000
Perhitungan Laba Bersih Pertahun
= Pendapatan Pertahun – Biaya Operasional Pertahun
= Rp 40.000.000 – Rp 24.600.000
= Rp 15.400.000
Menghitung waktu Break Event Point
BEP = Modal awal : Laba besih per tahun x 12
(bulan dalam setahun)
= Rp
9.100.000 : Rp 15.400.000 x 12
= 7.09
Artinya dalam kurun waktu + 7 bulan dengan
perkiraan pendapatan rata-rata pertahun Rp 40.000.000 sudah dapat mencapai
titik impas atau balik modal. Waktu titik impas akan lebih cepat lagi jika
perolehan pendapatan lebih tinggi dari target bulanan yang telah ditetapkan.
F. PENUTUP
Sebagai salah
satu startegi pemasaran yang efektif dan efesien, toko online merupakan solusi
yang sangat tepat untuk diterapkan di tengah perkembangan teknologi dan
persaingan usaha yang sangat ketat sebagai salah satu penerapan teknik
e-Commerce. Disamping jaringannya yang global, internet sebagai media pemasaran
sekarang ini dapat terjangkau oleh siapapun karena biaya akses yang semakin
murah dan mudah penerapannya dalam perangkat seperti telepon seluler maupun
smartphone.
Memiliki toko online tidak serta merta dapat
meningkatkan penjualan suatu produk. Diperlukan strategi pemasaran tersendiri
agar toko online yang dimiliki dapat diketahui dan diakses secara luas oleh
pengguna internet dan tentunya oleh calon pembeli. Tampilan yang bagus dengan
content yang lengkap merupakan salah satu trik agar pengunjung tertarik untuk
terus mengakses dan kemudian tertarik untuk bertransaksi di toko online.
Jasa pembuatan atau penjualan theme toko online
merupakan salah satu lahan usaha yang cukup menjanjikan sekarang ini. Disamping
turut serta dalam meingkatkan pemasaran suatu produk, usaha ini juga turut
serta dalam memberikan pengetahuna kepada para pedagang mengenai era marketing
dengan pasar yang cukup luas.
Akan tetapi tidaklah mudah bagi pembuat atau
penjual theme toko online agar apa yang ditawarkan diminati oleh pembeli.
Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dan ide yang orisinal agar tampilan toko
online yang dijual diminati oleh pembeli. Meskipun dengan modal yang tidak
begitu besar, tetap dibutuhkan perhitungan yang tepat agar target BEP dapat
terpenuhi dalam waktu yang relatif cepat.
Link Download :
Komentar